Sabtu, 03 Oktober 2015

SERTIFIKASI, TUNJANGAN 80 TRILLIUN SUDAH DICAIRKAN MELALUI TIGA BANK NASIONAL

SELAMAT KEPADA GURU BERSERTIFIKASI, TUNJANGAN 80 TRILLIUN SUDAH DICAIRKAN MELALUI TIGA BANK NASIONAL

Imanuel Pello.....Salam inspiratif, Kepada bapak ibu guru PNS dan Non PNS sedang berbahagia karena janji pemerintah untuk mencairkan tunjangan sertifikasi guru sudah dapat dicairkan. Jumlah yang digelontorkan untuk tunjangan sertifikasi adalah 80 trilliun.

Dalam pencairan dana sertifikasi setiap guru melalui tiga bank yakni Bank Mandiri, BNI dan BR. Penyaluran tunjangan guru bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), akan dilakukan secara berkelanjutan seusai penandatanganan nota kesepahaman antara Kemendikbud dengan tiga bank BUMN tersebut.
 
Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) Penyediaan dan Penggunaan Jasa Perbankan dilakukan oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar, Direktur Bank BRI Kuswiyoto, Direktur BNI Adi Sulistyowati dan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Sumarna Surapranata di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, Rabu (30/9) lalu.


Jumlah guru dan  jumlah dana yang dicairkan oleh tiga Bank yakni BNI, BRIdan Mandiri berbeda tergantung dalam MoU yang sidah ditandatangani. Inilah tiga Bank yang akan memberi pelayanan kepada guru dan siswa :
  1. Bank BRI telah bekerja sama dengan Kemdikbud RI sejak tahun 2011 dalam melayani Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. BRI mendukung program Kemdikbud RI melalui penyaluran dana APBN ke seluruh pelosok Indonesia. BRI telah menyalurkan tunjangan 1 juta guru. Jaringan menggunakan layanan e-channel  Bank BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.  Dengan dukungan lebih dari 10.496 unit kerja, 21.215 ATM, dan 153.786 EDC, Bank BRI optimis dapat memberikan layanan jasa perbankan yang bermanfaat bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Selain penyaluran dana tunjangan guru di seluruh Indonesia, juga tiap tahunnya dilakukan penyaluran dana Program Indonesia Pintar (PIP) kepada lebih dari 18 juta siswa di seluruh pelosok Indonesia, dan juga penyaluran dana BOS dan Bansos kepada sekolah-sekolah di seluruh wilayah Indonesia.
  2. Untuk Bank Mandiri setiap tahun menyalurkan tunjangan untuk guru hingga lebih dari Rp 2,3 triliun.  Dukungan layanan perbankan ini dapat mendukung para guru dan Kemendikbud dalam menjalankan fungsinya. Kerjasama ini merupakan salah satu realisasi komitmen Bank Mandiri dalam mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia. Selain menyalurkan tunjangan untuk para guru, Bank Mandiri juga menyediakan layanan perbankan bagi para guru Indonesia di Sabah, daerah terluar, terpencil dan tertinggal serta rekening biaya pendidikan tingkat lanjut bagi para guru.
  3. Sedangkan Bank BNI juga memperekan pelayanan penyaluran tunjangan guru. Tiga bank BUMN tersebut telah menyalurkan dana APBN antara lain, dana BOS, PIP, maupun gaji (payroll). Dia berharap, ke depan akan dibangun sistem terintegrasi supaya pengelolaan keuangan di Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan akan lebih baik.  Ke depan akan berupaya meningkatkan layanan kepada guru, dengan menyiapkan beberapa produk, misalnya pembiayaan perumahan guru, KTA dengan jaminan payroll, dan lainnya Selain itu, guru-guru bisa melakukan pembelajaran dan pelatihan perbankan untuk meningkatkan kualitas guru. Ke depan, diharapkan layanan perbankan terus melakukan pengembangan untuk layaanan di Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan.
Guru yang mendapatkan sertifikasi pendidik sebanyak 1,58 juta. Dengan serfitikat tersebut guru berhak mendapatkan tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok yang sudah dianggarkan oleh pemerintah. Banyaknya guru ini maka pencairan tidak bisa satu Bank saja maka kemendikbud mebutuhkan bantuan sebagi mitra untuk pencairan.

Menurut sumarna mengatakan, bentuk kerjasama juga akan diperluas tidak hanya penyaluran tunjangan, melainkan penyaluran tunjangan khusus, subsidi tunjangan fungsional dan subsidi peningkatan kualifikasi akademik kepada guru-guru yang akan meningkatkan kualifikasi akademik ke jenjang lebih tinggi. (Sumber : Referensi Republika)

Semoga dengan MoU antara kemendikbud dan tiga Bank BNI<BIR dan Mandiri akan mempermudah bagi guru sertifikasi untuk mencairrkan dananya. Dan tunjangan ini akan sampai ke penerima tepat waktu. Dengan kemudahan yang diberikan kemendikbud kepada penerima tunjangan ya tolong dalam kinerja ya ditingkatkan. Dan siswa juga dimudahkan dengan penerimaan BSM/PIP juga melewati tiga bank ini. Diharapkan kepada siswa-siswi yang dapat BSM/PIP juga ditingkatkan belajarnya, jangan malah sebaliknya. Selain itu dalam pembiayaan jangan tergantung bantuan pemerintah, karena akan membuat siswa-siswi malas untuk belajar dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar